Selasa, 15 Maret 2011

BAGIAN-BAGIAN PENTING PROCESSOR

Prosesor merupakan otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh komponen lainnya, dimana prosesor merupakan chip yang sering disebut dengan “mikroprosesor”. Pada saat sekarang ini ukuran prosesor sudah mencapai tingkatan gigahertz. Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Semakin besar ukurannya semakin cepat proses pengolahan dan pengaksesan data atau informasi tersebut. Pada dasarnya, kinerja prosesor dibantu oleh data bus dan chipset.
Ada beberapa prosesor yang beredar dipasaran, diantaranya :
 AMD (American Micro Device)
 APPLE
 IBM
 IDT
 Intel

Bagian-bagian penting dari porsesor
Secara umum prosesor memiliki tiga bagian penting sebagai berikut :
1. ALU (Arithmatika Logical Unit)
Arithmatika Logical Unit (ALU) merupakan pusat dari segala perhitungan matematis untuk menjalankan semua perintah yang harus dilaksanakan oleh sebuah system PC.
2. CU (Control Unit)
Control Unit merupakan bagian yang pengatur semua lalu lintas data dan perhitungan yang dilakukan oleh prosesor. Dengan adanya unit ini, segala perhitungan dan eksekusi dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah yang lainnya.
3. MU (Memori Unit)
Memori Unit merupakan unit pendukung. Semua perintah yang sering digunakan oelh prosesor akan disimpan sementara pada bagian ini. Dengan adanya unit ini, prosesor tidak perlu lagi memanggil perintah yang sama ke bagian lain. Dengan demikian waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan perintah-perintah penting dapat dipersingkat. Pada prosesor modern, memori unit sudah berada pada bagian prosesornya (core). Umumnya memori ini disebut sebagai cache memory yang dibenamkan pada sebuah prosesor, sehingga kecepatan eksekusinya semakin membaik.
materi referensi.
(SUMBER://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090927085412AAceKWt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar